30 November 2015

Cara Masak Ayam Balado



Ayam balado merupakan sajian olahan daging ayam yang dipadu dengan bumbu rempah yang pedas. Untuk mempraktekkan resep ayam balado yang spesial ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Dari pemilihan bahan dan bumbu yang masih segar. Hindari memilih bahan yang sudah berbau karena itu akan mengurangi cita rasa masakan yang dibuat. Tingkat kepedasan tersebut ditentukan oleh jumlah cabai yang digunakan. Jika Anda sekeluarga kurang menyukai rasa pedas, maka jumlah cabai yang digunakan dapat dikurangi.

Bahan :

  1. (1 kg) Daging ayam
  2. 2 lembar Daun salam
  3. 1 batang Serai
  4. 2 cm Lengkuas (dimemarkan)
  5. 1 sendok makan Ketumbar
  6. 1 sendok teh Garam
  7. 2 cm Jahe
  8. 4 butir Kemiri
  9. 3 siung Bawang putih
  10. 6 butir Bawang merah
  11. 1/2 liter Air
  12. Minyak secukupnya


Bahan sambal :

  1. 1/2 sendok teh Garam
  2. 1 sendok teh Gula pasir
  3. 2 siung Bawang putih
  4. 5 butir Bawang merah
  5. 3 sendok makan Air asam jawa
  6. 10 buah Cabai merah keriting
  7. 5 buah Cabai merah besar
  8. 4 buah Cabai rawit
  9. 1 buah Tomat


Cara Membuat :

  1. Bersihkan daging ayam dengan menggunakan air mengalir. Setelah itu, potong menjadi beberapa bagian dengan ukuran sesuai selera.
  2. Haluskan bumbu-bumbu yang terdiri dari garam, ketumbar, jahe, kemiri, bawang putih, dan bawang merah. Usahakan dalam menghaluskan menggunakan cobek dan ulegan tradisional agar rasanya lebih enak.
  3. Lumuri daging ayam dengan bumbu yang telah dihaluskan. Setelah itu, masukkan ke dalam panci berisi air. Tambahkan daun salam, serai, dan lengkuas. Rebus beberapa saat hingga air di dalam panci tersisa sedikit. Angkat daging ayam, lalu tiriskan.
  4. Siapkan wajan berisi minyak, lalu panaskan. Goreng daging ayam hingga matang atau berwarna kuning kecokelatan. Angkat lalu tiriskan.
  5. Tuang minyak secukupnya ke dalam wajan, lalu panaskan. Masukkan bumbu sambal balado lalu tumis hingga harum. Tambahkan daging ayam, aduk-aduk hingga merata. Masak beberapa saat hingga bumbu meresap ke dalam daging ayam. Setelah agak kering, angkat. Ayam balado siap untuk disajikan.

No comments:

Post a Comment